Balas Tantangan Ahok Pembuktian Harta Terbalik, Sandiaga Gandeng IAI


Balas Tantangan Ahok Pembuktian Harta Terbalik, Sandiaga Gandeng IAI

Berita Islam 24H - Sandiaga Salahuddin Uno membalas tantangan dari petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk melakukan pembuktian harta terbalik sebelum berlangsungnya ajang Pilgub DKI 2017 mendatang.

Sandi mengungkapkan, dirinya telah berdiskusi dan akan menggandeng Ikatan Akuntan Indonesia ‎(IAI) guna melakukan pembuktian harta terbalik miliknya.

"Meskipun secara hukum memang tidak ada tapi bagaimana kita menghadirkan demokrasi sesuai harapan pak Basuki (Ahok). Kita buktikan karena belum ada dasar hukumnya sehingga IAI bisa menjadi pendamping saja," kata Sandi di Masjid Guru Amin, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2016).

Lebih jauh, Sandi menyentil Ahok soal keuangan Pemprov DKI yang tiga tahun berturut-turut mendapat laporan Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Daerah (BPK).

"Bagaimana juga beliau bisa menghadirkan laporan yang Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) soal dana kampanye kalau di Balai Kota saja belum menghadirkan laporan WTP," sindir Sandi.

IAI, menurut Sandi, merupakan lembaga independen yang kredibel dalam mengaudit‎ harta kekayaan. Oleh sebab itu, dirinya mewacanakan pembuktian harta terbalik dengan menggandeng IAI lantaran petahana Ahok belum tentu dapat memahami cara mengaudit transparansi keuangan secara riil.

"‎Sekarang kita lihat saja masak sih (Ahok) bersih banget dan enggak melihat ada keuangan yang tercecer. Wong dia ngurusi laporan DKI saja enggak WTP kok, apalagi duit sendiri," jelas Sandi. [beritaislam24h.com / ozc]

Subscribe to receive free email updates: