Di Blora, Tertib Berkendara Dapat Souvenir Menarik dari Satlantas

Pengendara motor yang tertib menerima souvenir gantungan kunci dari petugas Satlantas Polres Blora. (foto: dok-resbla)
BLORA. Tidak hanya menekankan pada penindakan pelanggaran lalu-lintas saja, petugas Satlantas Polres Blora ketika melaksanakan razia juga memberikan penghargaan kepada para pengandara yang tertib di jalan raya. Seperti yang terjadi saat razia lalu-lintas hari Kamis (13/4/2017), beberapa petugas sibuk memberikan penghargaan berupa souvenir cantik kepada para pengguna jalan yang melintas di simpang empat Tugu Pancasila Kota Blora dan Jl.Pemuda.

Dalam kegiatan tersebut, bagi pengendara kendaraan bermotor yang tertib dan lengkap surat-suratnya, mendapatkan sebuah souvenir gantungan kunci bertuliskan "Safety For Humanity" dari petugas.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer, S.I.K disela-sela kegiatan menyampaikan kegiatan operasi kendaraan rutin dan pembagian souvenir gantungan kunci kepada pengendara motor dimaksudkan lebih menciptakan situasi tertib di jalan untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

"Kami mengajak, mengingatkan partisipasi warga untuk tertib di jalan raya, baik tertib surat-surat kendaraan maupun tertib rambu-rambu lalu lintas," terang Kasat Lantas.

Ia juga menyampaikan, pola Operasi Simpati Agung 2017 berbeda dengan sebelumnya. Saat ini, lebih mengedepankan teguran yang sifatnya simpatik.

"Kami mengingatkan ketika menggunakan jalan raya untuk sarana mobilitas agar memperhatikan keselamatan diri dan orang lain," tandas perwira melati dua ini.

Bahkan, AKP Febriyani mengingatkan masyarakat untuk tidak segan-segan menegur Polisi yang melakukan pelanggaran berlalu lintas seperti misalnya tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah serta ugal-ugalan di jalan.

Menurutnya gantungan kunci "Safety For Humanity" merupakan program Korlantas Mabes Polri yang diinstruksikan kepada jajarannya untuk menggandeng mitra atau pemangkuh kepentingan agar peka dan peduli terhadap keselamatan serta siap menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas.

Masyarakat yang ditemui mengaku, sangat mendukung program kampanye keselamatan berlalu lintas yang terus digencarkan Sat Lantas Polres Blora. Apalagi, jika Polisi dapat memberi contoh yang baik saat mengendara sepeda motor di jalan.

"Kalau semua peduli dengan keselamatan di jalan, pasti banyak kecelakaan yang berkurang, apalagi Polisi terus mengingatkan warga pengendara untuk selalu utamakan keselamatan," kata salah satu warga Blora bernama Wawan.

Dalam razia ini, bagi pengendara yang terkena tilang pelanggaran lalu-lintas, diarahkan untuk memanfaatkan E-Tilang dalam melakukan pembayaran denda pelanggaran. Alasannya, E-Tilang dianggap lebih memudahkan pelanggar dibanding harus mengikuti sidang di pengadilan.

Tak hanya di Kota Blora, razia yang sama juga dilaksanakan sehari sebelumnya di wilayah Kecamatan Cepu. Dimana Cepu merupakan pintu masuk wilayah Jawa Tengah dari timur sehingga banyak kendaraan luar kota yang melintas. (ip-infoblora)

Subscribe to receive free email updates: